Tentang buku!







Setiap orang punya minat masing-masing. Minat
ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan dari kecil hingga kita dewasa, dari
keluarga hingga teman atau juga bukan dari keduanya. Minat ini yang kemudian
menjadi hobby. Sedari sekolah dasar saya punya ketertarikan khusus dengan buku.
Saya suka sekali mencium aroma buku tulis yang baru dibeli di toko dan atau
buku mata pelajaran baik yang lama dan baru. Ada aroma memori dari bau
buku-buku itu. Ia seperti makanan, bukan untuk perut tetapi untuk jiwa.








Saya juga suka melihat susunan
buku-buku. Sejak sekolah dasar saya juga suka menyusun deretan buku, buku apa
saja, karena
melihatnya
seperti melihat pelangi. Sesuatu yang nikmat dipandang. Saya sering menabung
untuk membeli buku dari cergam, novel silat, majalah hingga buku-buku
ketrampilan. Ke kios atau toko buku adalah hal yang paling saya sukai apalagi
perasaan telah membeli buku, alangkah senangnya.





Ada suatu hormon dalam jiwa yang
menuntun saya untuk mencari dan menemukan buku layaknya kekasih. Buku yang saya
dapatkan tak selamanya di baca, hanya menumpuk untuk menunggu antrian. Banyak
sketsa-sketsa dalam pikiran saya layaknya jigsaw.
Dari pengalaman membaca, meminjam buku, menemukan buku antik, membuka toko
buku, ditipu oleh penjual buku, kehilangan buku bahkan hingga mencuri buku.





Sebagai pengantar, maka kali ini
saya mencoba menuliskan pengalaman-pengalaman saya ketika mulai bertemu dan
bencengkarama dengan gadis-gadis yang bentuknya adalah buku! (*)


Kupang, 18
 Agustus  2020


@daonlontar.blogspot.com





Komentar